Pro Kontra Mengenai Taurin

Pro Kontra Mengenai Taurin

Pro dan Kontra Mengenai Taurin Buat Kesehatan

Taurin adalah semacam asam amino yang memiliki kandungan sulfur dan saat ini banyak pro dan kontra mengenai penggunaan taurin. Kecuali pada makanan, taurin terdapat banyak pada minuman tambah energi yang sayang memiliki rekam jejak jelek.

Meskipun bisa dibuat oleh badan, taurine dapat Anda dapatkan pada beberapa macam makanan hewani yang pertamanya kali diketemukan oleh periset berkebangsaan Jerman Friedrich Tiedeman dan Leopold Gmelin di tahun 1827 pada empedu sapi.

Bersamaan dengan perubahan jaman, taurine tidak cuma bisa diketemukan pada empedu sapi saja, tetapi bisa Anda dapatkan pada beberapa macam makanan seperti daging, ikan, dan susu yang disebut sumber makanan terhebat untuk sebagian orang yang alami kekurangan kandungan taurine dalam badannya atau yang mempunyai penyakit spesifik.

Wujud taurin yang lain bisa diketemukan dalam suplemen dan minuman tambah energi yang dari nabati dan bukan berawal dari hewan, pas untuk Anda yang vegetarian.

Perlu Anda kenali, taurine mempunyai peranan penting untuk badan. Kekurangan taurine bisa memberi permasalahan kesehatan yang serius.

Taurine berperanan penting untuk menolong kerja kalsium fundamental, natrium, kalium, dan magnesium lewat beberapa sel di badan. Beberapa Pro Kontra Mengenai manfaat taurin pada tubuh untuk:

  • Menyeimbangkan elektrolit
  • Mempertahankan hidrasi dalam sel
  • Membentuk garam empedu dalam pencernaan
  • Mengontrol mekanisme ketahanan tubuh
  • Berfungsi selaku anti-oksidan
  • Mengatur mekanisme saraf pusat
  • Mengelola mineral fundamental

Ya, kandung gula yang tinggi pada minuman tambah energi membuat taurin dijauhi. Walau sebenarnya, dalam banyak riset, taurin aman dimakan dan tidak memiliki efek, lho. Bahkan juga, asam amino yang ini benar-benar bagus untuk jantung, mata, otot, hati, dan otak.

Nah, untuk lebih detilnya, yok, baca sendiri faedah taurin untuk kesehatan kita!

  1. Meremajakan otak

Taurin jadi salah satunya asam amino yang efisien meremajakan otak. Dalam salah satunya riset yang diedarkan dalam jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 2019, suplemen taurin bisa dibuktikan dapat tingkatkan peranan kognitif pada lanjut usia dengan demensia.

Subyek dalam riset ialah 46 wanita lanjut usia dengan demensia yang disuruh untuk konsumsi minuman seperti teh dan air ketan yang digabung dengan taurin sepanjang empat minggu.

Hasilnya, suplemen taurin pada minuman itu disampaikan mempunyai dampak positif pada peranan kognitif wanita lanjut usia dengan demensia.

  1. Mempertahankan kesehatan jantung

Sel jantung dan pembuluh darah membutuhkan taurin untuk jaga kesehatannya. Satu riset di Korea Selatan yang termuat dalam jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 2009 mempelajari 22 wanita lanjut usia sehat selaku simpatisan.

Mereka disuruh untuk konsumsi taurin tiap hari sekitar 3 gr sepanjang 4 minggu untuk turunkan kandungan homosistein. Sebab homosistein terkait kuat dengan penyakit jantung, taurin dapat memberikan dukungan badan dalam menahan penyakit serangan jantung atau cholesterol tinggi.

Selaku info, kandungan homosistein tinggi menjadi pertanda seorang alami kurangnya vitamin, penyakit jantung, Alzheimer, dan demensia. Karenanya, jaga kesehatan jantung dengan konsumsi taurin secara teratur, ya.

  1. Menjaga kesehatan mata dan telinga

Taurin bisa juga menangani tinitus atau telinga berdenging. Bahkan juga, dalam beberapa masalah bisa juga tingkatkan kualitas pendengaran. Tidak hanya sampai di sana, asam amino sulfur ini bisa juga menyembuhkan penyakit mata seperti retinopati kanker dan glaukoma.

Hal itu ditunjukkan dengan penyidikan ilmiah yang dikerjakan di tahun 2014. Dalam riset itu, taurin dijumpai mempunyai jalinan kuat dengan penyakit retina degradasi fotoresptor.

Semenjak tahun 1970-an, kekurangan taurin dalam retina mengakibatkan raibnya fotoreseptor. Disamping itu, dalam riset itu dijumpai bila penipisan taurin benar-benar kuat hubungan dengan masalah mata yang lain seperti glaukoma dan retinopati kanker.

  1. Memiara kesehatan hati

Dalam beberapa risetnya, taurin mainkan fungsi penting dalam mempertahankan kesehatan hati atau lever. Walau secara tes medis secara berarti harus didalami selanjutnya, tapi taurin dipandang sanggup turunkan desakan di vena khusus yang ke arah hati. Oleh karenanya, taurin dapat memberikan dukungan kesehatan pasien sirosis hati bertambah baik.

Ini diperkokoh dengan riset medis termonitor dalam jurnal Amino Acids tahun 2007 yang mempelajari 24 pasien hepatitis akut selaku partisipannya. Mereka disuruh untuk minum 2 gr taurin sekitar 3x satu minggu sepanjang 3 bulan, dan disetop penyembuhannya sepanjang 1 bulan.

Rupanya, di akhir penyembuhan, simpatisan yang konsumsi taurin bisa dibuktikan mempunyai keadaan hati yang lebih sehat dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

  1. Membenahi performa otot

Peranan berikut yang membuat taurin jadi suplemen favorite pada minuman tambah energi. Dalam satu studi dengan mode single-blinded RCT yang termuat dalam Journal of Cardiology tahun 2011, sekitar 29 simpatisan lanjut usia yang menanggung derita tidak berhasil jantung konsumsi 500 mg taurin sekitar 3x satu hari sepanjang dua minggu. Hasilnya, kesehatan jantung dan perform olahraga mereka bertambah baik.

Dalam studi lainnya, suplemen taurin pada tikus eksperimen bisa juga tingkatkan ketahanan fisiknya. Tetapi, ini masih perlu riset selanjutnya sebab bisa jadi tiap spesies mempunyai hasil yang lain juga.

Sesungguhnya taurin ialah asam amino alami yang dapat dibuat oleh badan. Tetapi, kamu perlu menambah kandungan taurin pada tubuh lewat makanan hewani seperti telur, daging, tuna, scallop, ayam, dan ada banyak kembali.

Konsumsi taurin bisa juga didapatkan melalui suplemen yang dipasarkan di apotek atau toko obat. Tetapi, saat sebelum mengkonsumsinya, bagusnya tanyakan sama dokter jika memiliki permasalahan kesehatan spesifik. Ini penting untuk menahan efek yang tidak diharapkan.

Efek dan jumlah pemakaian Taurine

Taurine aman dimakan untuk menangani permasalahan kesehatan dan keadaan klinis yang lain. Tetapi, pemakaian taurine dalam skala besar atau terlalu berlebih bisa mengakibatkan kenaikan tekanan darah, detak jantung, dan masalah jadwal tidur.

Pemakaian taurine yang terlalu berlebih dalam periode panjang bisa memberi imbas negatif untuk kesehatan ginjal. Batasan normal untuk konsumsi taurine seputar 3000 miligram setiap hari.

Kandungan taurine beralih menjadi racun bila dimakan terus-terusan di atas 10.000 miligram. Konsumsi taurine pada minuman energi seputar 6000 miligram.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindar pemakaian taurine sebab tidak ada riset atau studi selanjutnya secara tepat. Anda disarankan untuk konsultasi lebih dulu sama dokter pakar saat sebelum memakainya

Perlukah konsumsi suplemen taurin?

Pada intinya, taurin telah alami berada di badan dan terdapat juga dalam bermacam makanan.

Kelompok-kelompok makanan sumber taurin yakni daging, produk susu, dan ikan.Walaupun demikian, di sejumlah masalah taurin dibutuhkan dalam kandungan yang semakin tinggi.

Oleh karena itu asam amino ini ada berbentuk suplemen dan ditambah ke dalam produk minuman energi.Suplemen taurin yang dimakan sama ukuran sesungguhnya tidak mempunyai efek. Referensi ukuran yang aman itu ialah 500-2.000 miligram dalam sehari.Walaupun condong aman, yakinkan Anda konsultasi sama dokter lebih dulu saat sebelum beli suplemen taurin.

Bagaimana dengan minuman energi yang memiliki kandungan taurin? Minuman energi tidak cuman memiliki kandungan taurin, tetapi gula dan cafein.

Konsumsi cafein terlalu berlebih bisa memacu naiknya tekanan darah, mengusik tidur, dan mengakibatkan kekhawatiran.

Gula tambahan juga beresiko sebab automatis meningkatkan kalori yang Anda konsumsi.Di Eropa, sudah ada peristiwa atlet yang wafat dan dihubungkan dengan mengonsumsi minuman energi bertaurin dan mengandung kafein.

Karena ini, beberapa negara mengeluarkan batas berkaitan pemasaran taurin, walaupun cafein dapat jadi penyebab kematian itu. Oleh karenanya, Anda harus selalu siaga dan arif dalam konsumsi minuman energi.

Yakinkan Anda jeli dalam membaca info nilai nutrisi yang tercantum di produk minuman itu, dan tidak mengkonsumsinya terlalu berlebih.

Infomasi lengkap tentang kesehatan bisa langsung mengkunjungi situs https://rumah-sehat.net yang akan membahas dunia kesehatan.