Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi

33 Perawatan Tubuh Alternatif BalneoterapiPerawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi, Balneoterapi merupakan metode pengobatan penyakit dengan mandi, teknik pengobatan tradisional yg biasa dilakukan di spa. walaupun dianggap tidak samadari hidroterapi, ada beberapa hal dalam praktik dan prinsip yg mendasarinya.

Perawatan yang satu ini memanfaatkan air panas dan juga dingin, yang di gunakan untuk melakukan pijatan untuk stimulasi dan relaksasi. Banyak jenis air meineral yang di sediakan dalam layanan spa memiliki banyak mineral berguna untuk perawatan diri seperti silika, belerang, selenium, dan juga radium. Tanah liat obat juga banyak digunakan, praktik yg dikenal sebagai ‘fangoterapi’.

Balneoterapi didefinisikan sebagai pemakaian pemandian yg mengandung air mineral termal dari mata air alami pada suhu minimal 20°C dan dengan kandungan mineral minimal 1g/L.37 Balneoterapi pada pasien AS telah dinilai dalam beberapa research yg menunjukkan perbaikan di sebagian besar ukuran hasil dibandingkan dengan latihan konvensional dan kelompok perawatan standar.

baca juga: Pengobatan Obat Herbal Cina

Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi

Definisi dan karakteristik

“Balneoterapi” merupakan praktik merendam subjek dalam air mineral atau lumpur yg sarat mineral; itu merupakan bagian dari pengobatan tradisional dari banyak budaya dan berasal dari mata air panas, mata air dingin, atau sumber air lainnya, seperti Laut Mati.

Diperkirakan efek pada penyakit

Balneoterapi mungkin direkomendasikan untuk berbagai penyakit, termasuk radang sendi, kondisi kulit dan fibromyalgia. Balneoterapi harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai perawatan, karena sejumlah kondisi. Seperti penyakit jantung dan kehamilan, bisa menyebabkan efek samping yg serius.

Studi ilmiah tentang efektivitas Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi tidak menunjukkan bahwa balneoterapi efektif untuk mengobati rheumatoid arthritis. Juga tidak ada bukti yg menunjukkan jenis mandi yg lebih efektif, atau untuk menunjukkan bahwa mandi lebih efektif daripada olahraga, terapi relaksasi, atau mudpacks.

Sebagian besar studi tentang balneoterapi memiliki kelemahan metodologis dan tidak bisa diandalkan. Sebuah tinjauan 2009 dari semua bukti klinis yg diterbitkan menyimpulkan bahwa research yg ada tidak cukup kuat untuk menarik kesimpulan tegas tentang kemanjuran balneoterapi.

Manfaat Kesehatan Balneoterapi

Terapi yang satu ini merupakan penyelesaian masalah kesehatan dengan mandi dari sumber air alami, baik dari air panas, maupun air dengan kekayaan mineral tertentu. Lama dipraktekkan dalam sistem pengobatan alternatif di seluruh dunia, balneoterapi sering ditawarkan di spa, pusat kesehatan, dan resor sumber air panas. Beberapa pendukung mengklaim bahwa balneoterapi bisa membantu sejumlah kondisi kesehatan, termasuk radang sendi, gangguan pernapasan, dan tekanan darah tinggi.

Apa yg Ditunjukkan Studi Tentang Pengaruh Balneoterapi pada Kondisi Kesehatan

Balneoterapi di percaya dapat meningkatkan efek penyembuhan dengan menambah kecepatan sirkulasi darah, dan mendorong membantu detoksifikasi dan mengurangi stres. Selain itu, mineral yg ditemukan di sumber air panas (seperti belerang dan magnesium) dikatakan bisa melawan penyakit dengan memberi nutrisi pada organ dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Walaupun terdapat research yang telah mendapatkan hasil, beberapa peneliti lain menyatakan bahwa terapi balneo ini dapat menyembuhkan knodisi tertentu saja. Berikut merupakan beberapa temuan studi utama.

Radang sendi

Mandi mineral mungkin agak membantu bagi penderita osteoartritis, menurut ulasan tahun 2008 yg diterbitkan dalam Journal of Rheumatology. Meneilit dengan tujuh kali perfccobaan dengan pasien sebanyak 498, peneliti berhasil memperoleh bukti dengan Balneoterapi memiliki manfaat yang baik daripada tidak melakukan pengobatan sama sekali. Namun, penulis ulasan memperingatkan bahwa bukti ini lemah, karena kualitas uji coba yg buruk.

Demikian pula, tinjauan tahun 2003 dari Cochrane Database of Systematic Review melihat enam percobaan (dengan total 355 peserta) dan menemukan beberapa bukti bahwa Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi bisa membantu mengobati rheumatoid arthritis. Namun, karena kelemahan utama dalam research, penulis ulasan mengingatkan bahwa ini merupakan bukti yg tidak meyakinkan.

Fibromyalgia

Balneoterapi bisa menyembuhkan fibromyalgia, yang telah di dukung dengan research kecil yang di terbitkan oleh Rheumatology Internasional di tahun 2002 silam. Untuk research ini, 42 pasien fibromyalgia ditugaskan ke kelompok kontrol atau tiga minggu sesi mandi 20 menit (diberikan sekali sehari, lima kali sehari pekan).

Hasil penelitian menghasilkan bahwa mereka yang melakukan Balneoterapi memperlihatkan hasil yang baik secara signifikan untuk gejala Depresi dan Fibromyalgia.

Nyeri punggung bawah

Dalam penelitian di tahun 2005 lalu, Penelitian dari COmplementary and Natural Classical medicine telah melaporkan bahwa air belerang dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung bawah.

Dibandingkan dengan 30 pasien nyeri punggung yg menjalani perawatan hidroterapi berbasis air keran. 30 pasien dalam kelompok balneoterapi menunjukkan peningkatan yg lebih besar pada kejang otot, nyeri tekan, dan fleksibilitas.

Apabila kalian ingin mencoba terapi ini, guna untuk mencegah masalah kesehatan, pastikan kalian hubungi dokter terlebih dahulu. Mengobati sendiri dan menghindari atau menunda perawatan standar bisa memiliki konsekuensi serius.

Properti Geologi dan Panas Bumi

Penyewa dasar balneologi merupakan bahwa kandungan mineral mata air panas dipengaruhi oleh geologi wilayah di mana ia berada. Setiap resor termal unik. Tergantung pada apa yg ada di bawah permukaan, sumber air panas mungkin memiliki lebih banyak atau lebih sedikit mineral tertentu.

Untuk pelanggan yg penasaran, sebagian besar resor akan memberikan daftar padatan terlarut yg ditemukan di perairan mereka. Beberapa mineral larut yg umum termasuk kalsium karbonat, senyawa besi, natrium, silika, senyawa belerang, magnesium, kalium dan litium.

Obat Mineral

Pemandian air panas telah disebut-sebut bisa menyembuhkan segala sesuatu mulai dari batu ginjal hingga kebotakan pola pria. Sementara beberapa klaim bisa meregangkan kepercayaan, para peneliti menemukan bahwa berendam memiliki manfaat yg signifikan untuk berbagai penyakit.

Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi telah terbukti efektif untuk menghilangkan insomnia dan gejala nyeri yg berhubungan dengan fibromyalgia dan arthritis. Hidroterapi bisa memberikan bantuan untuk penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.

Pemandian air panas yg tinggi belerang telah dikutip untuk pengobatan penyakit radang, serta untuk meningkatkan sirkulasi darah. Dan Pemandian air panas yg kaya litium dikenal bisa memperbaiki gangguan mood termasuk kecemasan dan depresi.

Pemandian Air Panas di Rumah dan di Perjalanan

Seperti olahraga teratur atau praktik diet yg sehat, manfaat terbesar dari Perawatan Tubuh Alternatif Balneoterapi. Terutama untuk penyakit kronis, berasal dari sering berendam. Bagi mereka yg tinggal di sekitar sumber air panas, pertimbangkan berendam sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri. Bagi mereka yg lebih jauh, resor panas bumi, yg terletak di seluruh AS, merupakan pilihan ideal untuk tujuan perjalanan yg berfokus pada kesehatan.

Asal Balneoterapi

Mandi telah digunakan selama ribuan tahun sebagai cara untuk membersihkan, menenangkan, dan menyembuhkan tubuh. Para arkeolog telah menemukan kamar mandi di istana Knossos bahkan berasal dari abad ke-18 SM dan bukti orang mandi di mata air panas dan di danau dan laut bahkan sejak abad ke-1 SM. Pemandian sangat populer di kalangan orang Romawi dan beberapa rumah pemandian mereka ada bahkan sampai sekarang.

Di era Victoria, kota spa kembali populer dan berkembang di sekitar mata air alami di lokasi yang indah. Para dokter mengeksplorasi manfaat mata air untuk kesehatan dan mengembangkan terapi spa dan mandi modern kami.